PSIKOLOGI BISNIS 2. PB2C#1

ANALISIS PROSES BISNIS 

RANY FOTO COPY


BAB I
LATAR BELAKANG

 Berwirausaha merupakan salah satu cara seseorang untuk bekerja dan menitih karir untuk kehidupan mereka di masa yang akan datang. Dengan berwirausaha dapat pula membukakan lapangan pekerjaan baru bagi orang-orang yang membutuhkan atau sedang mencari sebuah pekerjaan, selain itu dapat membantu tugas pemerintah dalam mengurangi pertumbuhan pengangguran di negeri ini. Saat ini, ketika Amerika Serikat sudah memiliki 11,5 hingga 12 persen, Singapura 7 persen serta Cina dan Jepang 10 persen, maka wirausaha Indonesia baru mencapai 0,24 persen dari total 238 juta jiwa, dan itu berarti masih dibutuhkan sekitar 4 juta wirausaha baru. Padahal bangsa ini menghasilkan sekitar 700 ribu orang sarjana baru setiap tahunnya, dan memiliki kemampuan untuk melipat gandakan pertumbuhan ekonomi, pendapatan total maupun perkapita, menurunkan angka pengangguran dan kemiskinan bilamana mampu meningkatkan jumlah wirausaha sukses dengan pemanfaatan teknologi yang tumbuh pesat dewasa ini.

Pada era yang modern ini teknologi merupakan hal yang sangat berpengaruh terhadap aktivitas yang dilakukan. Banyak keuntungan yang ditimbulkan dari kemajuan teknologi saat ini salah satunya adalah efisiensi waktu dan tenaga. Salah satu contoh kemajuan teknologi adalah dengan munculnya mesin fotocopy. Mesin fotocopy adalah peralatan kantor yang membuat salinan ke atas kertas dari dokumen, buku, maupun sumber lain. Munculnya mesin fotocopy sangat berguna bagi kehidupan manusia saat ini. Sehingga banyak pelaku usaha yang membuka usaha fotocopy-an Salah satu pelaku usaha yang membuka usaha  fotocopy-an adalah mas Khali (40) dengan nama usaha “Rany Foto Copy”.

Rany Foto Copy adalah salah satu usaha fotocopy yang berada di daerah Cipinang Besar Utara, Jatinegara. Usaha tersebut sudah berdiri sejak tahun 2008. Selain membuka jasa fotocopy usaha ini juga membuka jasa laminating, jilid, print dan juga menjual alat-alat kantor. Rany Foto Copy memiliki 2 karyawan. Jam buka Rany Foto Copy adalah jam 08.00-22.00 WIB.



BAB II
TEORI

 Menurut  Susanne Leist, et al (2011, p.57-58) mendefinisikan proses bisnis sebagai sebuah proses yang dapat dilihat sebagai sebuah rangkaian kesatuan aktivitas yang menambah nilai untuk input dan merubahnya ke output.  Adapaun pengertian lain dari proses bisnis (Sparx Sytem, 2004) adalah sekumpulan kegiatan atau aktifitas yang dirancang untuk menghasilkan suatu keluaran tertentu bagi pelanggan tertentu. Menurut Hammer dan Champy dalam Weske (2007) proses bisnis adalah sekumpulan kegiatan yang mengambil salah satu atau banyak masukan dan menciptakan sebuah keluaran yang berguna bagi pelanggan.

 Kegiatan proses bisnis antara lain : input, proses, output, outcome, dan impact. 
1.  Input : adalah hal yang dibutuhkan oleh organisasi atau perusahaan agar dapat terjadinya output. Di dalam input terdapat man, matrial, machine, dan money.
2. Proses : adalah bagaimana cara mengelola dan mengatur input sebagai fungsi objek manajemen sehingga menghasilkan output yang bagus.
3. Output : adalah hasil langsung yang dapat dirasakan dalam suatu proses.
4. Outcome : adalah efek jangka panjang dari proses berupa manfaat dan harapan perubahan.
5. Impact : adalah ukuran tingkat pengarus sosial, ekonomi, dan kepentingan umum lainnya yang dinilai oleh pencapaian kinerja.

 Menurut Weske (2007) sebuah proses bisnis terdiri dari serangkaian kegiatan yang dilakukan dalam koordinasi di lingkungan bisnis dan teknis. Serangkaian kegiatan ini bersama-sama mewujudkan strategi bisnis. Suatu proses bisnis biasanya diberlakukan dalam suatu organisasi, tapi dapat juga saling berinteraksi dengan proses bisnis yang dilakukan oleh organisasi lain.



BAB III


PROFIL USAHA



Nama Usaha   : Rany Foto Copy
Nama Pemilik  : Khali (40)
Jam Buka        : 08.00-22.00 WIB
Alamat Usaha : Cipinang Besar Utara, Jatinegara, Jakarta Timur.
Jenis Usaha    : Foto copy, Jilid, ATK, Print.

Rany Foto Copy sudah berdiri sejak tahun 2008 dengan  pemilik bernama Khali. Menurut karyawannya yang bernama Agus (42) usaha ini berdiri dari hasil turun menurun saudara dari Khali. Khali diberikan motivasi agar meneruskan usaha yang awalnya hanya mempunyai 1 buah mesin fotocopy. Usaha tersebut semakin berkembang sehingga Khali yang awalnya hanya sendirian menjalankan usaha sekarang ia sudah memiliki 2 orang karyawan. Nama Rany Foto Copy dipilih karna merupakan nama dari anak sang pemilik usaha tersebut. Saat ini Rany Foto Copy memiliki 4 buah mesin fotocopy, 3 buah komputer dan mesin printer, 2 buah mesin jilid spiral, 1 buah mesin laminating dan berbagai ATK yang dijual. Jika ada mesin-mesin yang bermasalah karyawan Rany Foto Copy akan menelpon teknisi untuk memperbaiki mesin yang bermasalah tersebut. Menurut Agus karyawan Rany Foto Copy omset yang didapat usaha ini berkisar kurang lebih 2 juta dalam satu hari. Tujuan dibukannya usaha fotocopy ini selain dari turun temurun Agus mengatakan bahwa Khali melihat peluang di daerah Cipinang yang dimana usaha fotocopy masih sedikit tetapi masyarakat yang membutuhkan banyak. Agus mengatakan Rany Foto Copy tidak memiliki cabang alasannya karena belum menemukan tempat yang cocok.

Agus sendiri mulai bekerja sejak tahun 2010, ia direkrut oleh Khali karena mereka merupakan teman dekat. Awalnya Agus tidak mengerti cara pengoperasian mesin fotocopy lalu ia dibimbing oleh Khali sampai Agus lancar dalam menggunakan mesin fotocopy. Selama Agus bekerja di Rany Fotocopy tidak ada hal yang terlalu memhambat pekerjaannya, tetapi ia pernah mengalami hal yang cukup membuatkan cemas yaitu ada kejadian dimana pelanggangnya sedang melaminating ijazahnya tetapi pada saat itu mesin laminatingnya tiba-tiba error yang membuat ijazahnya menjadi robek pelanggan tersebutpun marah kemudian Agus membicarakannya dengan baik-baik dan bertanggung jawab. Hal tersebut merupakan satu kejadian yang membuat Agus cemas selama ia bekerja.

 Selain komplain dari pelanggan banyak juga pujian yang diberikan pelanggan kepada kinerja Agus dan juga kualitas peralatan. Menurut Agus tidak ada pelanggan yang berterus terang memujinya tetapi ia mendengar perbincangan pelanggannya ketika sedang membayar bahwa kualitas Rany Fotocopy sangat lah bagus. Agus juga mengatakan bahwa ada seorang nenek yang rela berjalan jauh hanya untuk memfotocopy padahal banyak fotocopy-an yang lebih dekat, ketika ditanya nenek tersebut berkata bahwa disini lebih bagus dan murah. Selama Agus berkerja juga ia bisa membiayai keluarganya terutama anaknya yang masih balita. Harapan Agus kedepannya adalah ia ingin usaha fotocopy ini lebih sukses, lancar dan harapan untuk dirinya adalah ia berdoa semoga sehat selalu , banyak rezeki dan makin eksis.






BAB IV
ANALISIS
            Rany Foto Copy merupakan suatu usaha yang dimiliki oleh Khali sudah melakukan proses bisnis dengan baik dan benar, karena menurut Sparx Sytem (2004) dan Weske (2007) proses bisnis terbentuk jika ada kegiatan yang menghasilkan sesuatu yang berguna bagi pelanggan. Rany Foto Copy membuka jasa fotocopy, laminating, jilid, print dan menjual ATK supaya kebutuhan masyarakat untuk menyelesaikan aktivitasnya lebih cepat dan mudah. Pelanggan dan pemilik usaha sama-sama mendapatkan keuntungan.

Kegiatan Proses bisnis Rany Foto Copy :

(1) Input : Rany Foto Copy merupakan usaha Fotocopy yang dimiliki oleh Khali (40) dan memiliki dua karyawan bernama Agus dan Indra (Man).  di depan toko fotocopy Khali terpampang benner yang besar bertuliskan nama usaha yaitu Rany FotoCopy dan daftar kegiatan yang di miliki usaha tersebut seperti, Fotocopy biasa/berwarna, Jilid biasa/spiral kawat/spiral plastik, print b&w/ berwarna (Matrial). Di dalam toko tersebut terdapat 4 buah mesin fotocopy, 3 buah komputer dan mesin printer, 2 buah mesin jilid spiral, 1 buah mesin laminating dan berbagai ATK yang dijual (Machine). Jika ada mesin-mesin yang bermasalah karyawan Rany Foto Copy akan menelpon teknisi untuk memperbaiki mesin yang bermasalah tersebut. Harga 1 lembar fotocopy bolak balik tidak berwarna adalah Rp. 150,-, harga jilid spiral kawat adalah Rp. 4.000,- Jilid biasa Rp. 3.000,- dll.(Money)


(2) Proses : jika pelanggan ingin memfotocopy beberapa berkas maka karyawan terlebih dahulu menanyakan berapa banyak jumlah yang ingin di copy? Ukuran kertas apa? Dan tintanya berwarna atau tidak? Jika sudah mengetahui semuanya karyawan akan melakukan proses pengopy-an di mesin fotocopy sebanyak jumlah yang diinginkan setelah selesai mereka akan memberikan berkas yang asli dan yang sudah di copy kepada pelanggan dan langsung memberitahukan harganya begitu pula dengan kegiatan menjilid dan melaminating. Jika pelanggang ingin mengeprint berkas atau hal lainnya pelanggan bisa melakukannya sendiri tetapi jika tidak bisa maka karyawan Rany Fotocopy akan membantu pelanggan tersebut. Jika pelanggan ingin membeli ATK maka karyawan menayakan apa yang ingin  dibeli setelah itu karyawan akan mengambil barang tersebut lalu menyebutkan harganya. Pelanggan yang ingin meminta bukti pembayaran boleh meminta kepada karyawan dan akan dibuatkan oleh karyawan Rany FotoCopy.


(3) Output : didalam toko Rany Fotocopy memang agak berantakan karna ruangan toko yang tidak terlalu luas sehingga mesin-mesin saling berdekatan, tetapi barang-barang ATK tersusun rapi di atas rak, digantung dan didalam etalase sehingga memudahkan pelanggan dalam memilih ATK yang ingin dibeli. Kualitas mesin fotocopy dan mesin printer pun bagus dan rapi tidak ada tinta yang kurang di lembar hvs semua terlihat tebal dan berkualitas.


(4) Outcome : Agus mengatakan bahwa omset Rany Foto Copy perhari rata-rata mencapai 2 juta dan jika dalan sebulan berarti 60 juta, tetapi toko tersebut bukan milik sendiri melainkan mengontrak dalam setahun mengeluarkan biaya 35 juta belum lagi uang yang harus di keluarkan jika ada mesin-mesin yang rusak atau bermasalah. Agus juga mengatakan selama Rany Foto Copy berdiri tidak ada proses pembukuan keuangan, semua dilakuakn secara manual. Agus mempunyai harapan untuk usaha dan dirinya, Agus mengatakan ia ingin supaya Rany Fotocopy terus sukses, lancar dan lebih banyak pelanggannya. Sedangkan untuk dirinya Agus berharap agar ia diberikan rezeki yang lancar dan tetap terus eksis.


(5) Impact : Rany Foto Copy merupakan usaha fotocopy yang cukup ramai di daerah cipinang dari pada usaha fotocopy lainnya hal tersebut dapat terjadi karna banyak pelanggan yang merasa puas dengan hasil dan kualitas yang diberikan Rany Fotocopy, karyawan-karyawan pun sangat ramah dan humoris kepada pelanggan. Hasil dan kualitas yang baik ini membuat salah seorang nenek rela berjalan jauh hanya untuk memfotocopy berkas padahal banyak fotocopy yang lebih dekat jaraknya, nenek tersebut pun ditanya apa alasan ia melakukan hal tersebut dan jawabannya adalah karna hasil disini lebih bagus dan murah daripada tempat lainnya. Karyawan Rany Fotocopy juga sering mendengar perbincangan para pelanggan selagi mereka membayar dan menunggu kembalian mereka mengatkan bahwa hasil dan kualitasnya bagus dan rapi. Selain hal-hal positif tersebut Karyawan Rany Fotocopy juga pernah mendapatkan teguran dari pelanggan karna pada saat ia melaminanting ijazahnya robek, Agus mengatakan hal tersebut bisa terjadi karna ia tidak mengetahui bahwa mesin laminatingnya tiba-tiba bermasalah namun dalam kejadian tersebut Agus menjelaskan dengan sabar dan bertanggung jawab.





BAB V
KESIMPULAN DAN SARAN
Kelebihan dan kekurangan Rany Fotocopy
KELEBIHAN
KEKURANGAN
Mesin-msein yang digunakan sudah cukup banyak.
Tidak ada pembukuan keuangan.
Mesin-mesin mengeluarkan kualitas yang baik.
Penataan mesin yang masih berantakan.
ATK yang dijual cukup lengkap.
Pengembangan usaha yang belum baik.
Karyawan ramah dan humoris.
Tempat parkir yang sempit jika ramai.
Harga murah
Tempat agak panas.


Saran
Rany Foto Copy seharusnya melakukan pembukuan keuangan agar ada kejelasan mengenai pengeluaran dan pemasukan keuangan. Jika usaha sudah cukup ramai disarankan agar Rany Foto Copy membuka cabang ditempat lain agar usaha yang dimiliki Khali semakin berkembang. Pelayanan karyawan Rany Fotocopy sudah cukup baik sehingga pelayanan tersebut harus tetap di pertahankan. Menambahkan kipas angin supaya pelanggan lebih nyaman.



DAFTAR PUSTAKA
Sparx Systems. 2004. UML Tutorial: The Business Process Model. Cresswick, Victoria: Sparx Systems Pty Ltd.
http://eprints.dinus.ac.id/12868/1/jurnal_13072.pdf
   

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PSIKOLOGI UMUM I ( PSIUM1#3)

PSIKOLOGI BISNIS 2. PB2C#2